03 December 2017

author photo

Sibuknya pekerjaan rutinitas harian, membuat penat pikiran. Jadi, penting untuk kita menyegarkan tubuh kembali, salah satu caranya adalah dengan traveling atau berwisata ke suatu tempat.

Hanya saja, traveling yang dilakukan oleh masyarakat kita, selalu saja kurang tepat. Karena melupakan hal- hal yang harus diperhatikan.

Dampaknya, kualitas liburan pun tidak maksimal. Oleh karena itu, penting untuk kita melakukan panduan yang tepat sebelum berwisata. Agar long weekend menjadi menyenangkan dan menarik.

Buat Kualitas Perjalananmu Menjadi Menyenangkan!


Membuat perjalanan menjadi mengasikan merupakan harapan tersendiri dari pembaca. Oleh karena itu, penulis sendiri membuat beberapa tahapan yang dapat kamu baca dengan mudah.

Inilah 3 jenis tahapan yang harus dilakukan oleh para treveler:

1. Start Point
2. Fiture Pendukung
3. Saat Perjalanan

Untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat liburan yang mantap dan WOW, dan serta mengurangi kesulitan atau hambatan yang ada, berikut panduannya.

1. Start Point.


Untuk memulai langkah ini, ada bagian penting yang harus kamu lakukan dan perhatikan,

"apa saja Start Point nya?",

Berikut dibawah ini akan penulis jabarkan untuk pembaca agar hiburanmu tidak melelahkan dan mengasyikan.

1.1. Pilih Destinasi Wisatamu!


Jelas, perhatikan dan pilihlah tujuan hiburanmu. Banyak rekomendasi yang dapat kamu pilih untuk mengisi waktu luangmu nanti. Tetapi, ada beberapa tips dalam memilih tujuan hari pekan kamu.

Berikut cara tepat memilih tujuan wisata, saran dari penulis:

  • Murah Tetapi gak Murahan.

Kebanyak masyarakat yang memanfaatkan hari liburnya dengan berwisata ketempat-tempat yang berkategori mahal. Padahal kalau kita perhatikan, selama berwisata, kita akan mengeluarkan budget yang berlebihan.

Oleh karena itu, perhatikan terlebih dahulu destinasi tujuan mu, Apakah mau mahal tetapi pengeluaran meningkat atau murah dengan pengeluran minim?

Saran dari penulis, kamu bisa saja berwisata ke luar negeri ataupun lokal yang berkategori mahal, tetapi tetap selalu perhatikan budget pengeluaran kamu, agar uang mu dapat terkontrol lebih baik.

  • Gak Mesti Jauh! Yang Deket Juga Bisa.


    Macet, macet dan macet!
    Selalu saja kita dengar selama musim liburan telah tiba, maka dari itu. Jika kita ingin berliburan dengan jarak tempuh yang jauh, maka kamu akan banyak menemui kemacetan. Apalagi dikota-kota besar.

    Dan dapat membuat perjalananmu tidak menyenangkan, tetapi jika kamu memang akan berpergian jauh, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat mengatasi masalah ini.

    Penulis sendiri memberikan beberapa saran:
    - Mencari jalan tikus ( via Google maps, Wave, dll )
    - Mengisi kemacetan dengan hiburan. ( Bernyanyi )
    - Perhatikan waktu-waktu rawan macet.

    • Cari Tempat Wisata Menarik dan Menyenangkan.

    Carilah tempat yang terus terkenang, menyenangkan dan yang pas untuk pribadi maupun keluarga. Karena kebanyakan dari masyarakat selalu saja tidak puas dengan pelayanan suatu tempat wisata. Oleh karena itu, penulis akan memberikan saran.

    Tips mencari wisata menarik dan menyenangkan:
    - Cari melalui Internet.
    - Ketahui melalui orang terdekat.
    - Melalui media masa lainnya.


    • Safety First!


    Kategori penting lainnya untuk mencari destinasi tujuan wisatamu adalah dengan memperhatikan keamanan di tempat tersebut. Agar kamu dan keluargamu tetap aman secara fisik maupun non fisik di tempat tujuan.


    Karena ada sebagian tempat-tempat yang tingkat keamanannya rendah ataupun sangat rendah. Oleh karena itu penting untuk kamu mencari tempat tujuan yang baik dengan memperhatikan keamanannya.

    1.2. Rencanakan Semuanya!


    Jika kamu telah memilih tujuanmu, hal selanjutnya adalah merencanakan semuanya dengan detail. Untuk kamu yang ingin berliburan, ada beberapa rencana yang harus kamu penuhi terlebih dahulu.

    Berikut pertanyaan sebuah rencana perjalanan yang wajib kamu jawab, jika ingin berpergian:

    Tempat manakah yang ingin kamu tuju?
    Hari, dan tanggal berapakah kamu ingin berangkat? Dan, apakah hari itu ada acara lain?
    Jika menggunakan kendaraan, apakah kendaraanmu sudah sehat untuk digunakan?
    Pakaian mana yang ingin kamu bawa?
    Bagaimana dengan obat kesehatan pribadi?
    Apakah ada hambatan lain yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu?

    1.3. Selesaikan Pekerjaanmu Terlebih Dahulu!


    Sebelum berlibur, jika kamu seorang pegawai, pelajar ataupun profesi lainnya, segeralah untuk menyelesaikan pekerjaanmu terlebih dahulu, agar kamu tidak terbebani dengan masalah tugas atau pekerjaan mu.

    Dampak yang akan kamu rasakan adalah kamu akan tidak terasa tenang, karena kamu terbebani dengan masalah tugas dan pekerjaan yang belum kamu rampungkan.

    1.4. Survey Terlebih Dahulu.


    Langkah terakhir adalah dengan melakukan survey lokasi wisata, jika memang tempat tujuan kamu dekat atau jaraknya tidak jauh.

    Ini bertujuan untuk kamu bisa mengantisipasi segala apaun yang akan terjadi sebelum dan saat berada di destinasi tujuan kamu. Agar masalah tersebut nanti dapat kamu atasi dengan mudah.


    2. Fitur Pendukung.

    Tujuan sudah, rencana selesai, tugas telah rampung dan survey telah terselesaikan. Selanjutnya kamu harus mempersiapkan apa saja yang harus dibawa untuk menjadi fitur pendukung perjalanan mu.

    Agar kamu lebih paham dengan point kedua ini, kamu dapat memperhatikan pembahasan lebih lengkap mengenai Fitur pendukung ini.

    "Apa Itu Fitur Pendukung?"

    Fitur pendukung adalah perlengkapan yang bersifat penting dalam keadaan tertentu untuk mengatasi suatu masalah atau dengan kata lain adalah Fitur pendukung adalah perlengkapan yang memudahkan perjalanan.

    Penulis sendiri sudah mengumpulkan apa saja fitur pendukung yang seharusnya kamu persiapkan sebelum traveling, berikut dibawah ini pembahasanya.

    2.1. Smartphone.


    Handphone atau telepon gengam kini telah menjadi bagian dalam fitur pendukung sebuah perjalanan, mengapa?

    Karena banyak dari software atau aplikasi smartphone mu yang dapat memudahkan mu dalam traveling mu, kita dapat ambil contoh besar manfaat smartphone dalam menjadi fitur pendukung.

    • Telepon Pintar Memiliki Peta.

    Google maps, merupakan salah satunya. Aplikasi yang dapat kamu gunakan dalam mencari jalan saat traveling nanti atau Google maps dapat digunakan untuk mencari jalan tikus lainnya.

    Dan disini kamu dapat memantau kepadatan arus perjalanan yang kamu lewati.

    • Telepon Darurat.

    Kemungkinan adanya keadaan darurat yang dapat kamu alami, tidak dapat dipungkiri. Karena permasalahan atau kejadian darurat selalu saja mengintai.

    Oleh karena itu. Bagian penting dari Smartphone menjadi fitur pendukung adalah dapat memanggil atau melakukan telepon darurat.

    Telepon darurat yang kamu lakukan dapat bertujuan ke pihak berwenang ataupun pihak lain yang sekiranya dapat menolong mu dalam keadaan genting.

    • Take a Photo

    Untuk mengabadikan pengalaman liburan mu, penting untuk kamu menyimpan kenangan tersebut salah satu caranya adalah dengan menyimpan foto atau video yang berhubungan dengan perjalananmu.

    2.2. Kartu Kredit.


    Tidak dapat dipungkiri, berbelanja bisa saja menjadi salah satu bagian susunan acara mu dalam berliburan. Karena itu, penting untuk kamu menyiapkan budget kamu.

    Tetapi penulis sendiri memberikan saran untuk kamu yang ingin menyiapkan keuangan.

    Saran penulis adalah, dengan membawa uang nominal secukupnya dan uang lainnya berada di kartu kredit, mengapa? Karena kemanan dari menyimpan uang di kartu kredit lebih aman ketimbang dengan uang nominal.

    2.3. Tas Jinjing.


    Selain sebagai dari fashion, tas jinjing perlu untuk kita siapkan sebelum perjalanan dimulai, tas jinjing ini digunakan untuk membawa keperluan penting, selain barang-barang lainnya.

    2.4. Alat Kepentingan Berkendara.


    Liburan menggunakan kendaraan pribadi, kamu diharuskan untuk menyiapkan alat kepentingan berkendara ganda. Sebagai contoh yang dapat kamu pahami adalah dengan menyiapkan ban serp ganda, untuk menjadi fitur pendukung perjalananmu.

    Kalau kamu mengunakan kendaraan lain, kamu dapat menyesuaikan saja, kepentingan berkendara mu secara ganda. Agar kamu memiliki cadangannya.

    2.5. Orang Penganti Berkendara.


    Jika kamu menempuh jarak jauh dalam perjalanan, sebaiknya kamu didamping oleh orang lain untuk digunakan saat kamu telah kelelahan. Jika kamu sudah lelah, maka diharuskan untuk kamu bergantian dalam mengendarai kendaraan, karena jika tidak dapat beresiko buruk.

    3. Saat Perjalanan.


    Dalam point ketiga ini, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan saat berada dalam perjalanan. Agar perjalanan mu tetap terlihat gembira dan menyenangkan tanpa terasa bosan.

    Apa saja kah point-point selanjutnya? Berikut penulis berikan informasinya.

    3.1. Ngemil Bareng.


    Biar selama perjalanan tidak membosankan dan terus dalam keceriaan, mungkin ngemil bareng bisa jadi solusi kamu untuk membuat perjalanan menjadi menarik. Dengan penuh canda dan tawa pastinya.

    3.2. Bernyanyi Bersama.


    Bernyanyi bersama sangatlah seru dan mengasyik untuk dilakukan di perjalanan. Tak perlu malu untuk bernyanyi di dalam mobil, karena disitu kamu dapat mengeksperesikan dirimu dengan bernyanyi bersama yang seketika membuat situasi sekitar menjadi seru dan sangat asyik.

    3.3. Ngobrol Bareng.


    Cairkan keadaan dengan mengajak sanak saudara ataupun teman berbicara, karena langkah ini dapat membuat liburan mu terasa menarik.

    3.4. Tetap Safety!


    Point utama dalam tahapan ketiga ini adalah, tetap safety saat perjalanan berlangsung, tetap kondisikan keadaan, agar kamu dan keluarga bisa berwisata dengan baik dan pulang dengan selamat.


    Kesimpulan.

    Liburan menyenangkan dan menarik itu ternilai dari diri kamu sendiri dalam menangapi liburan ini, jadi buatlah dirimu menjadi happy dalam liburan, agar traveling mu menyenangkan.

    Tutorial diatas mungkin saja belumlah lengkap, apakah kamu mau menambahkan?
    your advertise here

    This post have 0 komentar

    Harap untuk mempelajari kebijakan layanan kami sebelum berkomentar pada postingan ini

    Next article Next Post
    Previous article Previous Post