15 December 2018

author photo
Cara agar memiliki kehidupan yang lebih baik

Hidup yang baik akan tercipta apabila terisi oleh yang baik pula. Apakah kamu sependapat dengan pandangan itu? Jika memang kamu belum sependapat dengan pandangan ini, saya akan coba menjelaskannya dengan analogi yang lebih mudah dipahami nih.

Pengen tau analoginya? Cek dibawah ini ya. (tekan aja tombolnya, nanti juga nongol sendiri kok!)

Misalnya begini, kalau saya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, saya mengisi tubuh dengan sesuatu yang buruk, saya makan sesuatu yang enggak ada khasiat dan manfaatnya. Lantas apakah yang akan terjadi kepada saya?

Saat pilihan jawabannya, cuma ada dua (sehat atau sakit)

(kamu mau jawab yang mana?)

-- (silahkan untuk dijawab) --











99,9% saya memprediksi, kalau kamu menjawab, sakit!

Apakah benar?

Jika benar,

kenapa bisa jawabannya demikian?

Karena alasan logis dari pertanyaan diatas adalah “karena yang dikonsumsi tubuh saya adalah makan yang tidak sehat, maka tubuh saya idak mungkin sehat.”

Gimana sudah paham? Semoga, analoginya mudah dipahami ya.


Sebelum dilanjutkan, saya ingin memastikan kamu terlebih dahulu. Apakah kamu sudah sependapat tentang pandangan diatas? Karena, artikel ini, dalam kurun waktu 3 menit kedepan, akan mencoba membangkitkan semangat kamu untuk mewujudukan kehidupan yang lebih baik nih!

Namun bagaimana caranya? Simak saja artikelnya hingga selesai ya!

Bangkitkan Gairahmu Untuk Mewujudukan Kehidupan yang Lebih Baik!


Wujudkan kehidupan yang lebih baik

Tapi, bagaimana ya cara untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik?

Sependapat dengan pandangan (yang sempat kita bahas sebelumnya) saja belum cukup untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Kita perlu satu tindakan lain yang dapat mewujudkan itu semua nih. Setelah saya selidiki, ternyata cara untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik adalah dengan menjaga kesehatan!

Lho, mengapa bisa demikian?

Karena faktanya dengan sehatlah semua akan terasa menyenangkan, membahagiakan, pokoknya kehidupan menjadi lebih baik deh. Beda dengan orang sakit, makan aja jadi enggak enak kan? Oleh sebab itu, karena sehat itu adalah salah satu aset berharga, maka perlu sebuah perlindungan khusus untuk menjaga kesehatan kamu nih!

Dan kabar baiknya, perkembangan IPTEK di era digital seperti saat ini, telah membuktikan cara untuk menjaga kesehatan. (seperti yang sempat kita singgung pada kalimat pertama diparagraf pertama) salah satu tips nya adalah dengan mengontrol semua hal yang masuk kedalam tubuh kita!

Sama halnya dengan yang dipublikasikan oleh Eufic.org dalam kontennya yang berjudul “10 healthy lifestyle tips for adults”, Rabu, 7 Juni 2017. Mereka juga memaparkan cara hidup sehat!

Diantaranya:

Cara menciptakan kehidupan yang lebih baik

Dapat kita simpulkan dari tips diatas, bahwa semuanya berawal dari apa yang masuk kedalam tubuh kita. seperti menjaga pola makan, memperhatikan kadar garam, gula dan lain-lain.

So, it’s not easy! Namun, ini tidaklah mudah.

Sebab, dibalik keanekaragaman kuliner yang berkembang pesat dengan penuh khasiat seperti saat ini. Masih banyak saja makanan dan minuman yang perlu dipertanyakan khasiat dan kualitasnya nih! Apakah itu baik untuk tubuh atau tidak?

Terlebih makanan dipinggir jalan. (ini yang ingin saya bahas)


Bukan untuk menjatuhkan usaha mereka, namun perhatikanlah dari segi khasiat dan kualitas (kebersihan, kesehatan & bahan dasar) yang diberikan pedagang kepada pembeli? Sangatlah sedikit.

Miris!

Bukan sehat yang didapat, tapi sakit yang akan mendekat!

Oleh sebab itu, untuk menghindari akibat buruk karena salah mengkonsumsi makanan. Alangkah baiknya agar kembali berfikir dalam memilih asupan untuk tubuh setiap harinya. Masih banyak olahan lain yang bisa kamu konsumsi dengan khasiat dan kualitas yang tentunya lebih baik.

Buat kamu yang masih bingung ingin makan atau minum apa hari ini, Saran Pelajar punya beberapa pilihan inspirasi asupan tubuh (yang tentunya punya manfaat bagi tubuh) nih. Berikut diantaranya:



Karena rekomendasi kuliner yang diberikan Saran Pelajar didominasi dengan olahan berbahan dasar sayur dan buah. Tapi, kamu suka enggak?

Dari pilihan diatas, semua didominasi dengan olahan berbahan dasar sayur dan buah.

Hal ini tak lain dikarenakan sayur dan buah memiliki segudang manfaat untuk tubuh nih! Jadi, makan tetap enak untuk tubuh yang kuat! Jadi enggak salah dong ya, kalau saya rekomendasikan olahan berbahan dasar sayur dan buah! :)


Gimana, kamu suka enggak sama sayur dan buah?


Q.A. Tentang makan sayur dan buah


Q: Makan sayur dan buah itu membosankan!?

A: Nyatanya, itu persepsi yang salah. Bagi kamu yang beranggapan kalau makan sayur dan buah itu ga enak, gitu-gitu aja. Coba ubahlah cara pengolahan sayur dan buahmu dengan cara yang lebih menarik. Mulailah untuk bereksperimen.

Begini ya! Faktanya, makan sayur dan buah itu menyenangkan loh. Bukan saja menyenangkan, namun kamu akan mendapatkan khasiat-khasiat super dari sayur dan buah yang kamu makan tuh.

Langkah tepat mewujudkan kehidupan yang lebih baik

Buat kamu yang belum tau kekuatan super mr.sayur dan mrs.buah! Dibawah ini akan dijelaskan beberapa kekuatan super-nya nih. So, check it out.

1. Dapat Memenuhi Kebutuhan Cairan Pada Tubuh


Langkah tepat mewujudkan kehidupan yang lebih baik

Buku yang berjudul “Pedoman Kebutuhan Cairan Bagi Pekerja Agar Tetap Sehat dan Produktif” dari Kementerian Kesehatan dengan Persatuan Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (PERDOKI) menjelaskan, bahwa setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda.

Hal ini membuat perhitungan kebutuhan cairan pada tubuh setiap orang tidak sama. Oleh sebab itu, dibuatlah dua metode dalam penghitungan kebutuhan cairan pada tubuh. Salah satunya adalah menggunakan tolak ukur berat badan.

Jadi ya, kalau badannya makin berat maka makin besar pula kebutuhan cairannya! Begitu juga dengan sebaliknya.

Nah, kabar baiknya!

Sayur dan buah bisa memenuhi kebutuhan cairan yang kamu butuhkan tuh, apalagi kalau kamu orang yang membutuhkan banyak cairan tubuh! Sayur dan buah mampu untuk membantumu! Mengutip dari situs Cap Panah Merah, ada banyak sayuran dan buah-buahan yang mampu melengkapi kekurangan cairan kamu nih.

Diantaranya ada:

  • Selada
  • Timun
  • dan, tomat

3 bahan dasar makanan ini memiliki banyak manfaatnya loh. Kamu bisa langsung cek informasinya dengan menekan tombol dibawah ini ya, biar kamu bacanya makin lengkap.




2. Meminimalisir Terserang Penyakit Jantung Koroner


Tips tepat agar hidup jadi lebih sehat

Salah satu manfaat mengkonsumsi sayur dan buah dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik adalah, dapat meminimalisir terserang penyakit jantung koroner!

Memang ada apa ya dengan Penyakit Jantung Koroner (PJK)?

Dikutip dari situs resmi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Penyakit (Jantung Koroner) menjadi penyumbang tertinggi penyebab kematian di Indonesia setelah Stroke, yakni sebesar 12,9%. Dan menurut WHO, 17,5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit ini pada tahun 2012. 



Dibalik kondisi mencekam akibat penyakit jantung koroner ini, sayur dan buah hadir dengan segudang manfaat. Sayur dan buah-buahan mampu menurunkan resiko terserang penyakit jantung loh. Karena buah-buahan dan sayuran memiliki banyak mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan jantung. Termasuk, vitamin A, C, E, dan Asam folat.

Asam folat sangat bagus dalam meminimalisir terserang penyakit jantung. Dan Asam folat dapat ditemukan pada sayuran bayam. Buat kamu yang ingin mengetahui tentang khasiat bayam dalam mengurangi resiko penyakit jantung. Kamu bisa langsung cek informasinya dengan menekan tombol dibawah ini ya.


Selain bayam, masih banyak sayur dan buah-buahan yang mampu meminimalisir terserang penyakit jantung koroner nih.

Diantaranya:

  1. Apel
  2. Bawang putih
  3. Bayam
  4. Brokoli
  5. Buah beri
  6. Biji-bijian
  7. Kacang
  8. Kubis
  9. Tomat
  10. Wortel

3. Dapat Mengurangi Berat Badan!



Selain enak, nyatanya buah dan sayur rendah akan lemak, garam dan gula loh. Sehingga mereka bisa dijadikan sebagai sumber serat yang baik dan cocok buat kamu yang lagi diet nih. Dengan diet yang teratur, seimbang (dalam pola makan) serta dilengkapi gaya hidup sehat lainnya, dapat membantu kamu untuk:

  1. Mengurangi obesitas dan mempertahankan berat badan yang sehat
  2. Dapat menurunkan kolestrol
  3. Serta mampu menurunkan tekanan darah

Banyak bukan manfaat bagi kehidupan jika kita mengkonsumsi sayuran dan buah?

Oleh sebab itu, buat kamu yang masih jarang makan sayur dan buah, yuk mulai dari sekarang untuk membudayakan mengkonsumsi olahan sayur dan buah dalam pola 5 sehat 5 sempurna. Kenapa enggak? Udah banyak kan, manfaatnya? Itu pun belum semuanya kita bahas.

4. Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak!


Tutorial agar punya tubuh bugar

Agar punya kehidupan yang lebih baik, maka manusia harus berubah terlebih dahulu nih! Berubah kearah yang lebih baik dong pastinya! Dari yang tadinya malas menjadi rajin, dari yang tadinya kurang pintar menjadi pintar, dari yang tadinya jarang belajar menjadi rajin belajar.

Dari kegiatan diatas, semua memerlukan fungsi otak secara keseluruhan. Namun, nyatanya masih banyak orang yang belum dapat meningkatkan konsentrasinya. Tapi tidak mengapa! Buah-buahan dan sayur berdaun hijau gelap mampu mencegah kognitif yang ada kaitannya dengan usia dan mampu meningkatkan konsentrasi.

Bayam, brokoli dan sayur berdaun hijau gelap lainnya adalah sumber makanan tinggi akan vitamin E dan folat, serta cocok untuk perkembangan si otak. Selain itu, masih banyak lagi sayuran dan buah yang dapat meningkatkan kemampuan otak. Diantaranya:

  1. Alpukat
  2. Berry
  3. Ikan
  4. Gandum utuh (whole wheat)
  5. Teh hijau

5. Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Solusi tepat mendapatkan kehidupan yang lebih baik

Salah satu kelebihan dan keunggulan dari menyantap sayur dan buah (menurut saya) adalah, mereka dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit nih.

Kenapa ya bisa demikian?

Jawabannya dikarenakan, sayuran hijau dan buah-buahan memiliki antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari penyakit tuh.

Dan, antioksidan bisa kamu dapatkan kok dari:

  1. Alpukat
  2. Bayam
  3. Kubis
  4. Selada
  5. Kiwi

Mungkin baru manfaat super ini yang bisa kamu ketahui terlebih dahulu. Karena masih banyak manfaat sayur dan buah yang belum kita bahas langsung dalam artikel ini, nanti bakalan panjang banget soalnya.

Setelah ini, kamu harus tahu juga nih, bagaimana cara menambahkan asupan sayur dan buah dalam menu makanan sehari-hari. Karena panduan ini sangat cocok bagi kamu yang mungkin belum suka dengan sayur atau buah, namun ingin mendapatkan khasiatnya darinya.

Terlebih, panduan yang akan kita bahas ini, dapat mendorong fanatisme masyarakat untuk makan sayur dan buah. Karena sedihnya, menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukan, 90% penduudk Indonesia kurang mengkonsumsi sayur dan buah.

Oleh karena, semoga saja artikel ini bisa menjadi inspirasi buat kamu yang ingin makan sayur dan buah.

Tips Menambahkan Sayur dan Buah Kemenu Makanan Sehari-harimu!


Enggak demen makan sayur sama buah? Mungkin kamu salah nih, dalam melakukan pengolahannya. Coba yuk, ikuti tips singkat (dalam menambahkan sayur dan buah ke dalam menu kamu sehari-hari) berikut triknya:

  1. Jika kamu ingin makan telur, kamu bisa menambahkan sayuran kedalam telur yang kamu masak tuh. Silahkan, untuk bereskperimen sesuai keinginan kamu.
  2. Mungkin kamu sedang minum sereal? Kamu bisa menambahkan buah dan susu rendah lemak tuh disereal kamu.
  3. Mungkin tumis sayuran sangat membosankan? Coba deh untuk mengantinya dengan gado-gado.
  4. Bosan makan sayur dan buah, yuk kita buat jus sayur atau buah! Bisa saja ini menyenangkan untuk kamu.
  5. Lagi masak mie? Agar dapat manfaat sayur, kamu bisa kok menambahkan sayur di mie kamu.

Bagaimana sudah merasa puas belum dengan artikel ini? Jika belum, kamu bisa kok untuk bertanya-tanya mengenai artikel Cara Ampuh Wujudkan Kehidupan yang Lebih Bermakna pada kolom komentar di bawah ini.

Semoga bisa artikel ini dapat menginspirasi dan tentunya informatif.
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap untuk mempelajari kebijakan layanan kami sebelum berkomentar pada postingan ini

Next article Next Post
Previous article Previous Post