16 July 2017

author photo

Teringat dengan tebak-tebakan legend yang penuh dengan misteri, yaitu, “kenapa air laut rasanya asin?” Salah satu tebak-tebakan yang pasti pernah kamu dengar dan pernah bikin kamu bingung.

Yang jawabannya belum terpecahkan saat masa kecil, karena saat itu jawaban yang biasa kita denger.



L : Kenapa air laut rasanya asin?
P : Karena kalau manis pasti udah dibotolin, terus dijual
L : WOW, Emejing #%&@#&!

Yap, begitulah jawabannya lucu dari teman-teman kita, tetapi saat itu menimbulkan satu pertanyaan yang membenak dipikiran saya sendiri. Kok bisa si laut airnya asin? Apa ada yang ngebuang garam di laut?


Alasan Mengapa Air Laut Terasa Asin

Untuk menjawab mengenai tebak-tebakan mengenai fenomena air laut berasa asin, berikut kronologinya hingga air laut asin rasanya, berikut kejadiannya.



1. Air Hujan Meresap Kedalam Tanah

Saat hujan terjadi di daratan, air hujan tersebut akan meresap kedalam tanah dan lalu sedikit demi sedikit akan keluar lagi melalui sungai-sungai kecil dan akhirnya sampai di laut.

Air yang mengarah menuju ke laut yang berasal dari daratan itu sudah membawa garam-garam mineral sehingga laut di penuhi garam-garam mineral.

Alasannya karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat dalam batu-batuan dan tanah.


2. Air Resapan Berkumpul Dilaut Dan Menguap

Permukaan laut yang sangat luas menjadi salah satu faktor penguapan yang cukup besar, saat itu hanyalah air (H2O) yang menguap, sedang garam garam mineral tetap berada di laut.

Begitulah sehingga air laut rasanya asin. kadar keasinan air laut juga dipengaruhi oleh:

2.1 Faktor suhu
Semakin panas daerah tersebut, maka air lautnya semakin asin.

2.2 Luas permukaan
Seperti yang sudah dijelaskan diatas ”luas menjadi salah satu faktor penguapan yang cukup besar”


Lalu Kenapa Air Danau Tidak Berasa Asin

Alasan mengapa air danau itu tidak berasa asin? padahal airnya juga dari daratan? Jawabannya karena luas permukaan danau tidak cukup luas sehingga penguapannya tidak begitu besar, lihat kembali pada 2.2.


Sebanyak Apa Garam Dilaut?

Kadar garam pada air laut kira-kira 3.5%. Artinya dalam 2,5 liter air laut terdapat 60 gram garam. Kebanyakan air laut di dunia memiliki kadar garam yang berbeda-beda kandungannya.

Untuk laut yang paling tawar berada di timur teluk finlandia dan di utara Teluk Bothnia, keduanya bagian dari Laut Baltik.

Dan yang paling asin adalah Laut Merah dan Laut Mati di Israel, dimana suhu tinggi dan sirkulasi terbatas menjadi faktor penguapan tinggi.


Akhirnya Mengapung Deh!

Air laut yang asin memiliki kadar mineral yang lebih tinggi dari air tawar, maka dari itu air laut memiliki massa jenis yang lebih tinggi dan tekanan air yang lebih besar. Jadi jangan heran jika kamu bisa mengapung ketika berada di Laut asin tanpa menggunakan alat pelampung.


Kenapa Air Laut Berwarna Biru?

Pada dasarnya air tidak memiliki warna. Air hanya menyerap cahaya yang kemudian mencerminkannya.

Ada satu pertanyaan yang sering di ajukan mengenai laut, yaitu "Mengapa Laut Nampak Biru?" Jawabannya ada dua proses utama pada air laut hingga bisa berwarna biru. Dua proses ini adalah penyerapan (absorption) dan hamburan (scattering).

Lalu? Pengen tahu gimana caranya air bisa nampak biru? Tunggu artikel SaranPelajar selanjutnya ya.


Itulah jawaban ilmiah mengapa rasa air laut itu asin. Semoga dapat menjawab rasa penasaran tebak-tebakan masa kecil itu ya.

Kalau kamu rasa, kamu mempunyai jawaban yang lebih jelas lagi tentang Air laut rasanya asin, silakan di share disini, biar teman-teman yang lain juga lebih mengerti jawaban yang lebih tepat. Semoga bermanfaat.
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap untuk mempelajari kebijakan layanan kami sebelum berkomentar pada postingan ini

Next article Next Post
Previous article Previous Post