16 February 2018

author photo
Cara agar tidak mudah lupa

Salah satu kunci utama agar menjadi pintar adalah belajar. Namun pada faktanya, setiap orang memiliki daya tangkap dan daya ingat yang berbeda-beda.

Realita di atas menimbulkan satu pertanyaan besar, Lantas..

"Apakah peluang pintar setiap orang terbatas dari keahliannya dalam mengingat ?"

Singkat jawabannya adalah. Tidak!

Karena...

Banyak pelajar yang berprestasi walaupun memiliki keterbatasan dengan kemampuannya dalam mengingat hafalan. Karena rajin belajar dan pantang menyerahlah membuat mereka maju selangkah dibandingkan dengan temannya.

Walaupun begitu...

Daya tangkap dan daya ingat manusia dapat dikembangkan oleh diri sendiri.

Dengan ini, penulis akan mengupas secara tuntas. Cara agar belajar atau hafalan tidak cepat lupa.

1. Tulislah Materi Pelajaran / Hafalanmu Di Kertas, Jangan Di Ketik!


Trik jitu menghafal dan mengurangi resiko lupa, kamu dapat tangani dengan menulis apa yang sebelumnya kamu pelajari.

"Ingat! Menulis, bukan mengetik."

Alasannya. Karena, Psikologi dari University of Nebraska. Kenneth Kiewra, Mengungkapkan, kalau menulis, dapat membuat otak menjadi lebih tajam dalam memahami sesuatu. Karena, menulis membuat otak terorganisasi dengan baik. membuat otak merekam hal-hal yang telah ditulis oleh tangan.

Point ini juga salah satu tips dari "90% trik manjur dalam menghafal" ala IDN TIMES yaitu. Salah satunya adalah dengan menuangkan apa yang kamu pikirkan kedalam secarik kertas.

2. Berikan Waktu Untuk Tubuh Kamu Beristirahat


Sebelum kamu mengetahui tutorial selanjutnya. Kamu harus menerapkan terlebih dahulu point ini. Karena, perlu kamu catat bahwa. Tubuh yang sehat dan segar akan memberikan 80% lebih cepat menghafal dibandingkan dengan orang yang tidak sehat dan tidak segar.

Jadi, usahakan untuk memberikan waktu luang bagi tubuh untuk menenangkan pikiran. Ada beberapa saran dari penulis untuk kamu bisa menenangkan pikiran, berikut adalah tipsnya:

1. Berlibur Dengan Keluarga atau Orang Terdekat


Kamu dapat traveling dengan keluarga ataupun dengan orang terdekat. Karena dengan memberikan tubuh untuk santai, akan membuat otak menjadi fresh saat menghafal pelajaran. Jadi, berliburlah dan santailah sebelum ujian-ujian sekolah ataupun pekerjaan yang menuntun kamu untuk menghafal.

Untuk kamu yang ingin mencoba tips ini. Kamu bisa baca tips lengkapnya di 7 Inspirasi Untuk Mengisi Waktu Libur.

2. Hilangkan Beban Walaupun Hanya Di Rumah


Bukan berarti, jika tidak berlibur maka kamu tidak bisa menghafal. Tidak! Kamu juga bisa melakukan istirahat di rumah sendiri. Dan tetap, memberikan waktu untuk tubuh agar istirahat. Agar kamu siap untuk menghafal dan dapat tahan dalam jangka waktu panjang.

3. Catat Point Penting Dalam Halafanmu! Agar Kamu Mudah Kembali Mengingatnya


Terlebih saat ingin ulangan atau ujian. Perlu untuk kamu mempersiapkan sebuah catatan yang berisi point hafalanmu. Karena dengan melihat point hafalanmu, kamu akan mudah kembali merefresh ingatanmu.

Ini menjadi salah satu trik yang penulis juga lakukan selama di bangku sekolah. Karena, penulis merasa dengan melakukan panduan ini. Memberikan kemudahan bagi penulis dalam mengingat kembali apa yang sudah dihafalkan sebelumnya.

4. Baca Ulang Dari Apa yang Kamu Baca Selama Proses Hafalan


Karena dengan trik ini, kamu akan memiliki bayangan tersendiri. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mudah mengingat apa yang kamu hafal.

Seringkali, pelajar lupa akan apa yang dia pelajari. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, maka kamu akan lebih cepat mengingat apa yang sudah terlupakan sebelumnya.

Akhir Kata

Cara menghafal dengan cepat dan masuk ke otak, harus didukung dengan kepribadian mu sendiri. Apakah kamu ingin berprestasti (Menguasai banyak hal), atau tidak? [NIAT..]

Mengingat, bahwa setiap orang memiliki cara untuk belajarnya masing-masing, membuat trik ini harus didukung dengan kemampuan dan keahlianmu sendiri. Apakah strategi yang sesuai bagi kamu?
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap untuk mempelajari kebijakan layanan kami sebelum berkomentar pada postingan ini

Next article Next Post
Previous article Previous Post