18 December 2017

author photo
Hemat Keuangan

Para travelers selalu bertanya. Bagaimana tips dalam menghemat uang saat berlibur? Pertanyaan ini memang ada bukan tanpa sebab, karena masalah ini sering saja di rasakan oleh para wisatawan. Yaitu, sulitnya mengatur keuangan saat travelling.

Dampaknya pengeluaran meningkat dan budgeting sisa belanja di tempat wisata pun menipis. Terlebih jika kamu berpergian bersama keluarga besar ataupun sahabat, kerabat ataupun orang tercinta yang membuat pengeluaran makin tak tertahankan.

Jadi, penting untuk kamu mengetahui tips trik dan panduan dalam menjaga atau mengontrol keuangan kamu selama perjalanan. Setidaknya ada beberapa langkah dan saran berdasarkan sudut pandang pribadi penulis.

Rencanakan Keuangan Kamu Agar Budget Teratur Untuk Liburan Yang Menyenangkan!


Menghemat penggunaan uang bukan berarti pelit. Hanya saja kamu dalam hal ini mengupayakan agar uang dapat digunakan sesuai dengan keadaan serta tujuan yang baik dan tepat. Agar kamu tidak mengalami over budget.

Sehingga pribahasa “Besar pasak daripada tiang” tidak kamu alami selama memanfaatkan hari libur long weekend kamu.

Berikut adalah cara untuk mengelola keuangan kamu.

Mengelola Keuangan

1. Buat Perincian Biaya! Untuk Perencanaan Awal.


Liburan tak selamanya mahal dengan mengeluarkan budget yang besar. Kamu dapat mengatasi masalah ini dengan membuat anggaran biaya yang akan kamu gunakan saat liburan ke destinasi tempat wisata pilihanmu.

Jika kamu ingin berpergian! Entah itu ke luar kota atau ke luar negeri. Coba kamu menghitung terlebih dahulu estimasi keuangan yang akan kamu gunakan sebelum dan selama liburan berlangsung.

Ada beberapa aspek yang dapat kamu hitung dalam rincian ini, berikut adalah prioritas utama yang harus diperhitungkan saat travelling.

1. Tarif Transportasi!


Jadikan pembayaran keuangan transportasi menjadi faktor pengeluaranmu saat berlibur. Mengapa hal ini terjadi? Karena para turis lebih banyak menggunakan transportasi umum atau kendaraan yang bisa membuat perjalanannya menjadi cepat.

Apalagi, dengan kenaikan harga untuk para pengunjung saat hari-hari libur yang membuat keuanganmu makin mengikis dompet mu, jadi penting untuk kamu memperhatikan faktor ini agar keuangan mu tetap stabil.

2. Biaya Makan!


Berkunjung ke suatu wilayah. Kurang rasanya jika belum mencicipi makanan khas lokal asli sana. Tetapi agenda wajib satu ini menjadi faktor penting mengapa pengeluaran kamu membengkak.

Nah, agar kantong tidak terkuras. Penting untuk kamu mengendalikannya dengan cara dan tips ala penulis:

  • Atur Waktu Makanmu! Agar Uangmu Teratur.


Solusinya, kamu bisa mengatur keuangan kamu dengan mengatur pola makanmu selama liburan. Bukan tanpa alasan, hal ini juga dapat beresiko buruk terdapat kesehatan kamu jika tidak mengolah pola makan dan juga kesehatan dompetmu.

Jadi usahakan untuk mengatur jam makan kamu agar keuangan kamu dapat terkendalikan. Apalagi kamu mengajak pasanganmu! Selalu tetap perhatikan keuanganmu.

  • Tentukan Budget Makanan Pilihanmu!


Terkadang, harga makanan yang ada ditempat wisata, selalu saja tidak masuk ke akal pembeli. Entah itu memang penjual yang memanfaatkan kondisi ini ataupun emang ada penyebab lain.

Mungkin kamu mengalami, dimana air mineral yang mungkin tarifnya berkisar Rp.2,000 hingga Rp.4,000 ini, dapat terjual mahal di tempat liburan, mungkin dengan kisaran Rp.8,000 hingga Rp.10,000.

Jadi tentukan makananmu, agar kamu dapat menjaga kesehatan dan grafik pengeluaran kamu. Atau mungkin kamu mau beralih menjadi tukang air mineral? Biar untung besar?

3. Biaya Sewa Penginapan.


Penginapan juga mengambil porsi besar dalam pengeluaranmu. Sebenarnya ada akomodasi yang dapat kamu gunakan untuk menekan biaya sewa penginapan. Cara menghemat biaya penginapan dapat kamu lakukan, dengan cara:

  • Order Menggunakan Aplikasi Smartphone!


Kemajuan teknologi seharusnya dapat kamu manfaatkan. Salah satunya adalah dengan memesan tempat penginapan yang sesuai dan harga terjangkau dengan budget kamu melalui gawai/HP.

Kamu yang memiliki hape atau telepon android, dapat menggunakan aplikasi travel wisata dengan mengunduhnya di PlayStore atau AppStore secara gratis.

  • Menginap Di Hostel.


Memang tak semua orang terbiasa menginap di hostel. Tetapi ada banyak keuntungan yang kamu rasakan. Yaitu biaya nya yang murah membuat uang dikantong mu makin awet.

Jadi pertimbangkan hal ini untuk sebagai alasan mengatur pengeluaran kamu.

4. Biaya Tempat Rekreasi dan Tempat Hiburan.


Perlu dicatat bahwa, kamu juga harus mengetahui harga atau biaya masuk yang dikenakan untuk pengunjung disuatu tempat rekreasi. Jadikan hal ini menjadi catatan anggaran keuangan kamu.

Agar kamu dapat melihat jelas total pengeluaran keuangan.

5. Biaya Tak Terduga!


Seringkali muncul biaya-biaya lain yang para travelers sendiri tidak menyadarinya. Oleh karena itu, penting untuk kamu memperhatikan biaya lain yang tak terduga yang sering dialami oleh para tourist dan pelancong.

Dengan mencatat pengeluaran ini, didapatkan kamu dapat menjaga-jaga keuangan yang kamu bawa untuk menggunakan budget tersebut ke fungsi dan tujuan yang benar.


2. Lakukan Riset Tujuan Destinasimu dan Minta Pendapat & Saran Dari Orang Lain!


Sebelum kamu memesan tiket dan berangkat. Sebaiknya untuk kamu mencoba riset terlebih dahulu mengenai destinasi liburanmu, dan tanyakan hal ini kepada keluarga, saudara, sahabat atau teman yang pernah bermain ke tempat wisata pilihan kamu atau yang berpengalaman.

Riset ini untuk menunjukan seberapa rating yang diberikan untuk tempat wisata atau tempat hiburan yang kamu pilih! Dan juga coba minta saran dan pendapat darinya. Agar pengalaman liburan pribadimu menjadi terbaik dan mengesankan.

Bukan itu saja, riset ini juga bertujuan untuk mengetahui berapakah pengeluaran yang dapat kamu gunakan selama berada di wisata ini.

Dan tentu ada banyak hal yang bisa menjadi penentu bagus atau tidak kriteria tempat wisata, kamu dapat mengetahuinya dengan membaca artikel penulis yang berjudul Pertimbangkan 10 Hal Ini, Untuk Pilihan Destinasi liburan Terbaik.


3. Carilah Teman Perjalananmu, Agar Pengeluaran Dapat Ditanggung Bersama!


Ingin berlibur menjadi murah. Tips baru lainnya adalah kamu bisa mengajak orang yang kamu kenal untuk berlibur bersama, seperti teman-temanmu, kerabat atau keluarga tercinta.

Bukan tanpa sebab, hal ini setidaknya dapat mengurangi biaya perjalananmu. Karena pengeluaran ditanggung bersama-sama. Terbebani memang jika budget pengeluaran wisata hanya ditanggung pribadi.

Hanya saja dalam kasus lain. Solusi ini memang kurang tepat untuk kamu yang memang ingin merasakan sensasi berlibur sendiri tanpa ditemani orang terdekat atau “me time”. Tetapi jika memang sendiri saja pengeluaran teratur, mengapa tidak?

4. Gunakan Promo Tertentu, Untuk Potongan Harga Yang Melimpah!


Saat akhir pekan atau hari libur. Sering kita menemukan suatau barang, jasa ataupun restaurant yang menyajikannya dengan potongan harga yang spesial atau promo. Biasanya diskon seperti itu bertujuan untuk menarik pengunjung untuk membeli produknya. Nah, kalau bisa lebih murah kenapa tidak?

Tetapi tetap saja! Jika memang kamu ingin menggunakan suatu promo tertentu saat liburan. Tetap untuk kamu selalu memperhatikan kualitas dan kuantitas produk tersebut. Agar pengalaman yang mengesankan buat diri kamu pribadi.

Jangan sampai ingin murah saat travelling. Menjadi rendah cerita pengalamanmu!

5. Hindari Perjalanan Saat “Musim Liburan”! Agar Hemat Dalam Pengeluaran.


Saat High Season “musim liburan” banyak memang kita menemukan suatu pelayanan seperti penginapan, kuliner, transportasi dan lain lain yang memiliki harga yang tidak masuk akal atau mahal!

Karena penjual ingin menjadikan musim liburan lni menjadi ladang bisnis baginya! Jadi, untuk kamu yang memiliki budget pas-pasan untuk liburan, penulis memiliki saran untuk kamu!

1. Masak Sendiri Untuk Mengemat Keuangan!


Rumah makan dan Restaurant yang kini kita temukan dijalan atau ditempat wisata tertentu! Seringkali memberikan harga yang tidak sesuai seperti ekspetasi! Hal ini wajar dalam bisnis. Karena penjual ingin meningkatkan omsetnya.

Bukan berarti hal ini menjadi batasan kita saat berlibur. Kamu bisa saja mencoba masakan disana dengan mencicipinya dengan menghitung keuangan kamu. Atau mungkin kamu juga bisa membawa sendiri makanan agar pengeluaran menjadi terkontrol.

Tetapi, jangan sampai liburanmu tidak menyenangkan karena kamu pelit dengan semuanya! Jadikan long weekendmu menjadi menarik dan menyenangkan.

2. Pilihlah Home Stay Bintang Satu!


Menggunakan hotel bintang satu bisa menjadi alternatif kamu untuk memilih tempat untuk penginapan. Tetapi perhatikan juga tentang kualitas pelayanan dari penginapan tersebut! Apakah memuaskan atau tidak.

Banyak akan kamu temui di dekat lokasi wisatamu tempat penginapan seperti ini, atau mungkin bisa juga dengan memanfaatkan teknologi. Dengan mencari informasi melalui ponselmu tentang “Tempat menginap dekat sini”  melalui Google.

3. Menggunakan Transportasi Umum.


Meski taksi online dan ojek online sedang marak di kalangan masyarakat. Tetapi keberadaan penggunaan transportasi ini bisa dibllang agak jarang ditemukan di beberapa kota kecil.

Jadi penggunaan transportasi umum harus menjadi pilihan lain untuk kamu yang ingin berlibur ke lokasi wisata tertentu, terlebih memang lokasi destinasimu berada di tempat terpencil.



6. Beli Buah Tangan Atau Oleh – Oleh Secara Bijak!


Untuk mengenang atau memberikan bekas terhadap perjalananmu, seringkali travelers membeli buah tangan untuk sebagai kenangan pribadi ataupun untuk diberikan kepada orang terdekat ataupun pasangangan mu.

Selalu tetap jaga pengeluaranmu mengenai hal ini, agar pemasukan dan pengeluaran dapat terkontrol secara baik dan berkala.

Kesimpulan.

Nikmati moment liburan dengan baik, jangan sampai kamu terlalu menghemat sampai melupakan kesan meriah dalam perjalananmu. Terlebih lagi jika kamu bersama keluarga, anak ataupun pacar. Jadi selalu prioritaskan kepentingan bersama!

Lalu, cara kamu biar hemat bagaimana?
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap untuk mempelajari kebijakan layanan kami sebelum berkomentar pada postingan ini

Next article Next Post
Previous article Previous Post