26 December 2018

author photo
18 Cara Menghemat Uang Paling Ampuh

Semua orang tanpa terkecuali (baik itu apoteker, desainer, fotografer, manajer, gamer, programmer hingga youtuber) harus mampu kelola keuangan dengan baik nih guys! Saya katakan demikian bukan tanpa alasan.

Tri Wahyu Rejekiningsih (2011:12) dalam Jurnal Ekonomi Pembangunan nya memaparkan bahwa, penyebab kemiskinan dapat disebabkan oleh gagalnya seseorang dalam mengatur keuangan nya tuh! Bisa dalam bentuk sifat boros maupun malas.

Oleh sebab itu, masyarakat sangat perlu akan edukasi mengenai cara mengelola keuangan yang baik nih, agar persentase ke miskinan yang terjadi saat ini bisa terus ditekan! Khususnya di negara kita, Indonesia.

Kamu Harus Tahu!

Terhitung sejak tahun 1999 hingga tahun 2017 saja Indonesia telah berhasil mengetaskan kemiskininan hingga 21,39% loh. Namun, walaupun begitu penyelesaian masalah kemiskinan di negeri ini belum lah selesai.

Program mensejahterahkan masyarakat (dengan meningkatkan lapangan pekerjaan, memperbaik SDM, atau usaha apa pun itu untuk mengurangi kemiskinan) harus terus berjalan dan terus didukung oleh pemerintah tuh.

Profil Kemiskinan di Indonesia

Nah, seperti yang sempat kita singgung sebelumnya. Kemiskinan itu kan bisa disebabkan karena kegagalan dalam mengatur keuangan nih, jadi dalam rangka mengatasi masalah ini, perlu rasanya kamu mengetahui lebih jelas mengenai cara mengatur keuangan tuh!

Oleh sebab itu, Saran Pelajar sudah menyiapkan informasi lengkap bagaimana cara mengatur keuangan pribadi dengan mudah dan tepat!
Lantas bagaimana cara mengelola uang yang baik dan benar? Simak aja yuk artikelnya!

18 Cara Mengelola Uang Dengan Baik dan Mudah


Tips menghemat uang (yang dibuat Saran Pelajar) ini adalah sebuah tutorial yang tentunya sangat dibutuhkan oleh anak kost, ibu rumah tangga, ataupun buat kamu yang baru aja dapet uang jajan nih guys.

Karena sering kali, kebutuhan belanja sehari-hari maupun kebutuhan dapur membuat keuangan tiba-tiba menipis loh, terlebih lagi disaat hari-hari besar, seperti lebaran, liburan sekolah maupun tahun baru. Seketika, dompet jadi kosong melompong gitu deh! Nah, oleh sebab itu, penting banget buat kamu tahu tentang cara hemat uang sehari hari nih!

Terlebih lagi pada faktanya dalam strategi manajemen keuangan pribadi, banyak cara menghemat uang belanja yang bisa kamu gunakan. Dan pada konten ini, kita akan mencoba mengupas sedikitnya 18 cara menghemat uang dengan baik.

Dan buat kamu yang seneng traveling, ada loh cara untuk mengatur uang saat liburan biar jalan-jalanmu makin nyaman tuh.
Buat kamu yang sudah penasaran dengan tips berhemat ini. Langsung aja simak cara mengatur uang ala Saran Pelajar. Berikut triknya.

1. Saat Berpergian, Bawalah Uang Secukupnya! Biar Enggak Boros


Karena sering banget, pas kita pengen ngirit-iritin uang saku saat lagi jalan-jalan, nyatanya, uang 100 ribu untuk seminggu bisa jadi sehari tuh, pernah engga sih ngalamin kaya gitu? Soalnya sering banget, saat kita bawa uang banyak, kita jadi enggak sadar tuh pas lagi ngeluarin budget buat beli sesuatu. Nanti pas pulang baru deh nyesel!

Beda ceritanya, kalau kamu tinggalin uang kamu dirumah, dan kamu cuman bawa sedikit dari yang kamu punya. Yakin deh kamu bakalan mudah menghemat uang bulananmu! Dengan demikian, anggaran dana yang sudah kamu persiapkan bakalan jadi terkontrol dengan baik deh.

Tapi, jangan sampe karena kamu ingin mempraktekan tutorial ini, saat traveling kamu cuman bawa uang 5000 ya! Intinya, bawalah sekucukupnya! (ingat, secukupnya!) jadi, tetap hemat tapi enggak pelit buat diri sendiri!

2. Jalan Kaki aja yuk! Lebih Hemat Uang Saku Bulananmu loh!


Berangkat kantor naik ojek? Sekali jalan ngeluarin uang sekitar Rp5.000,00- sampai Rp10.000,00- an, terus sebulan kamu ngeluarin uang Rp300.000,00- an buat naik ojek doang? Itu juga baru sekali jalan, lah kalo pulang pergi, jadi Rp600.000,00-an! Nah kalo gaji cuman 1 juta s/d 2 jutaan doang gimana?

Kalau begitu, coba yuk kita jalan kaki aja! Kamu bisa hemat uang yang kamu miliki sampai dengan Rp300.000,00- s/d Rp600.000,00- an loh! Jadi, walaupun gaji kecil, bisa teroptimalkan dengan baik tuh gaji yang kamu miliki.

Mungkin kalau jalan kaki kecapean ya? Yaudah, kalau kamu dirumah punya sepedah, bisa digunakan tuh sepedahnya. Selain ini sebuah cara penghematan uang gaji, kamu juga bakalan lebih sehat tuh! Yuk buat gerakan hidup hemat tapi sehat!

3. Naik Transportasi Umum aja! Cara Hidup Hemat Paling Ampuh loh


Dengan gaji kecil, tapi pengen hemat? Itu gampang kok. Kamu bisa awali cara berhemat uang hari ini dengan naik transportasi umum aja nih. Karena kalo kita pikir-pikir ya, naik kendaraan pribadi sih emang enak, tapi kalau liat dompet, jadi enggak enak tuh!

Sebab, saat kita menggunakan kendaraan pribadi, khususnya mobil, biaya yang dibutuhkan tuh enggak sedikit loh, seperti bayar pajak, buat beli bensin, belom buat servicenya, itu juga belum buat bayar parkirnya. Iya kalau kamu yang punya budget besar sih enggak masalah, lah kalau gajinya kecil?

Nah jadi ini merupakan tips hemat yang cocok buat kamu yang sering pergi-pergian nih. Namun, ini sedikit berbeda dengan tips hemat uang yang kedua tadi ya. mungkin kalau trik yang kedua itu solusinya jalan kaki, kalau trik yang ketiga ini solusinya naik kendaraan umum nih.

Bukan saja harganya nya yang murah dan cocok buat kamu yang punya uang gajian pas-pasan, naik kendaraan umum, bisa membantu pemerintah untuk mengurangi persoalan lalu lintas loh, terlebih lagi dengan menggunakan kendaraan umum, berarti kita juga turut dalam menjaga bumi ini dari polusi udara loh!

4. Bawa Bekal Sendiri aja! Biar Uang Jajan jadi Lebih Hemat!


Mending buat makan dan minum, bawa sendiri aja deh. Biar menghemat uang jajan sekolah kamu tuh. Dengan begitu, uang saku yang kamu miliki bisa digunakan untuk keperluan lainnya nih guys. Karena keperluan dana (khususnya) bagi seorang pelajar itu cukup banyak loh, seperti dana kas kelas, dana kas organisasi ataupun dana untuk kerja kelompok.

Pasti banyak banget tuh!

Kita hitung buat diri sendiri aja dulu deh, misalnya, kamu beli air di kantin harga nya Rp4.000,00- an, coba aja kalau kamu bawa minum sendiri dari rumah. Dihitung-hitung lumayan kan? (hemat Rp4.000,00-). Apalagi kalo kamu rajin setiap hari beli air di kantin dengan harga segitu, sebulan bisa ngeluarin uang Rp120.000,00- buat air mineral doang tuh.

Apalagi pekerja kantoran, buruh, ataupun ibu rumah tangga yang notabene, taraf kebutuhannya terbilang cukup tinggi tuh. Oleh sebab itu, yuk menghemat uang belanja harian atau uang jajanmu dengan mengurangi jumlah belanja bulanan!

5. Kalau Belanja Ke Pasar aja yuk, Itung-itung hemat uang dalam rumah tangga tuh!


Kamu punya keinginan buat beli sesuatu di mall? Ingin, beli baju, sepatu, perhiasaan, makanan atau kebutuhan lainnya? Stop, kamu harus selalu ingat cara hemat uang belanja ini nih. Karena salah satu cara menghemat uang bulanan ialah dengan membeli keperluan ditempat yang sesuai dengan budgetnya tuh!

Begini, kita akan coba melakukan sebuah perbandingan dengan membeli keperluan di Mall dan membandingkannya dengan membeli keperluan di pasar tradisional nih.

Perbedaan Harga Barang Belanjaan

Memang, buat sebagian orang, tips ini agar ngerepotin ya! yang biasanya beli di mall, enak, sejuk, adem terus disuruh belanja dipasar! pasti males. Tapi ya kalau dompet yang berbicara mau bagaimana lagi? Yuk, kita bikin gerakan “belanja dipasar aja!”

6. Buat Daftar Belanja Dulu yuk!


Biar dapat membatasi jumlah pengeluaran belanja mu, alangkah baiknya sebelum berangkat belanja, kita bikin daftar belanjanya dulu yuk! Inilah cara hidup hemat dalam rumah tangga yang paling mudah nih. Kenapa demikian? Karena jujur aja ya, ibu-ibu (khususnya) kalau belanja tuh suka lupa diri gitu deh.

Yang niatnya, belanja cuman sampai Rp200.000,00- an, pas udah sampe pasar bisa ngabisin sampai Rp300.000,00- an tuh! pernah enggak sih kamu ngalamin kaya gitu?

Nah setidaknya dengan adanya daftar belanja yang sudah kamu buat ini, bisa membantu kamu buat ngingetin kamu nih! Tapi, selama dipasar, terus dilihat ya catatannya, jangan sampai, pas lagi dirumah sih udah dibuat tuh daftar belanjaannya, tapi pas sampai pasar, lupa engga diliat-liat catetannya!

7. Jangan Sering-Sering Lihat Online Shop deh, Nanti Pengen Beli mulu!


Pernah ngerasa enggak kalo liat barang-barang branded, bagus, keren, trendy dan sosialita gitu, bawaanya pengen diborong aja tuh barang? Kalo emang pernah, berarti jangan download aplikasi online shop ya, atau enggak jarang-jarangin buka aplikasi online shopnya deh.

Karena nyatanya selain marketplace memiliki manfaat yang luar biasa di era modern seperti saat ini, disisi lain juga bisa menimbulkan sifat konsumtif loh bagi penggunanya.

Kemudahan untuk mengakses sejumlah barang yang dicari, membuat naluri untuk membeli barang semakin tinggi tuh! Oleh sebab itu, daripada uang yang kamu miliki habis dengan cepat! Mending kita antisipasi dengan jarang-jarang buka aplikasi online shop yuk!

Gunakanlah secara bijak, dengan tidak berlebihan! Atau mungkin kamu bisa menggunakan tips yang nomer 5 tadi tuh (belanja ke pasar aja)

8. Kalau Bisa Hindari Penggunaan Uang Digital ya!


Pengen bisa mempraktekan tips hidup hemat? Tenang, yuk langkah ke-8 yang bisa kamu praktekan selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan uang digital nih. Dalam kasus penggunaan uang digital ini tidak jauh berbeda dengan tips yang nomer 7 diatas tadi sih.

Karena nyatanya dengan adanya uang digital seperti saat ini, membuat sifat masyarakat rentan menjadi konsumtif tuh! Buat kamu yang engga sependapat dengan pandangan ini, mungkin kamu tergolong orang yang bisa berhemat tuh. Tapi kan berbeda dengan orang lain!

Nah daripada jajan enggak karuan karena punya uang digital, mending praktekin cara menghemat uang jajan ini yuk! Memang buat anak milenial ini terlihat sulit, namun inilah salah satu cara mengatur uang yang perlu kamu lakukan agar tidak boros!

9. Gunakan Promo Bila Memungkinkan!


Pengeluaran bulanan tak terkendali? Berarti kamu perlu mempraktekan “cara menghemat pengeluaran” ini nih. Yaitu dengan belanja saat ada potongan harga atau diskon nih! Wah kalo dipikir-pikir, kaum hawa nih yang bakalan seneng banget denger begian.

Tapi memang sih, harga saat diskon itu tuh memang menyenangkan. Karena bisa mendapatkan barang yang kita inginkan namun dengan harga yang miring. Terlebih lagi banyak diskon diluar sana sampai 50% lebih loh. ya itung itung program belanja hemat tuh!

Contohnya saja, saat Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), gadget yang puluhan juta harganya, bisa jadi murah banget tuh. Oleh sebab itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya dalam promo akhir tahun atau hari-hari tertentu guys. Dan jangan lupa untuk melakukan riset dengan membandingkan harga dari satu toko dengan toko lainnya, biar makin membuat kamu mendapatkan barang yang bagus tapi termurah tuh.

10. Tapi, Jangan Sampai Tergoda Dengan Diskon ya! Nanti Takut Boros


Walaupun cara menghemat uang belanja sehari hari yang sempat kita bahas tadi adalah dengan belanja saat ada promo atau diskon. Namun, kamu harus berhati-hati juga nih. Kadang-kadang tips menghemat uang bulanan yang sudah kita bahas tadi suka bikin orang lupa diri loh.

Tips yang sudah kita bahas tadi memang tidak salah, namun banyak dari kita semua yang salah dalam mempraktekannya. Karena sering sekali, kita suka engga sadar diri tuh pas lagi belanja, terlebih lagi kalau udah denger kata diskon / promo / cuci gudang / potongan harga dan lain sebagainya. Nanti kalau tiba-tiba uang di dompet habis, karena berburu barang idaman, gimana?

Baru deh nyesel.

Walaupun kamu beranggapan dapat uang itu mudah, tetap aja, cobalah untuk hidup hemat. Buatlah diri kamu tetap stay cool dengan hemat walau dalam kondisi penuh tantangan, yaitu “banyaknnya potongan harga dimana-mana!”

11. Beli Barang Lokal aja deh, Lebih Murah!


Beli Barang Lokal Agar Hemat

Beli barang dari luar negeri? Emang sih orang bilang engga ada masalah kalo belanja dari luar negeri. Malah dari mata orang-orang, kalau punya barang dari luar negeri itu keren dan bagus. Tapi hanya saja, masalahnya ada di harganya nih. Pasti kamu tau lah, kalau misalnya beli barang dari luar negeri itu harganya kaya gimana!

Mahal pastinya!

Nah, oleh sebab itu, salah satu cara mengirit uang yang bisa kamu praktekan dalam masalah ini adalah dengan membeli barang hasil karya anak Indonesia aja nih. Tenang, kalau kalian masih ragu dengan karya anak bangsa, berarti kamu masih kudet nih. Nyatanya karya anak bangsa juga enggak kalah keren loh sama produk dari luar negeri.

Terlebih lagi, harganya yang murah, membuat dompet jadi lebih ramah nih. Kualitas tentu enggak perlu lagi diragukan. Malah banyak loh karya anak bangsa yang sudah menembus pasar internasional, contohnya aja kaya Kompor Ramah Lingkungan ini nih.

12. Beli Barang Bekas Engga ada Salahnya kok Buat Dicoba


Istilah barang second lah yang paling terkenal buat tips yang satu ini nih. Jujur aja ya, barang bekas itu engga ada salahnya loh buat dicoba. Jika barang baru itu terbilang mahal, kamu bisa tuh untuk membeli barang yang kamu inginkan dari tangan pertama (alias barang second)

Tentunya cara menghemat uang belanja mingguan ini harus dilakukan dengan mereka yang paham dengan barang yang ingin dibelinya nih. Karena, kalau kamu pengen beli barang second, kamu harus jeli untuk menyeleksi barang yang kamu cari tuh.

Karena diluar sana banyak barang bekas yang dijual loh. Oleh sebab itu, tugas kamu selanjutnya adalah dengan mencari barang yang kamu inginkan dengan spesifikasi yang tentunya tidak jauh berbeda dengan barang aslinya nih! Carilah yang masih mulus dan berkualitas (dan tentunya harganya cari yang murah juga ya!)

13. Patungan aja Biar Bisa Menghemat Daftar Belanja Bulanan mu!


Patungan Agar Murah

List belanja bulanan kamu banyak? Terus muncul pertanyaan di benak kalian “bagaimana cara kita berbelanja supaya lebih hemat?”. Kalau kamu pernah bertanya demikian, berarti kamu harus ikutin cara menyisihkan uang yang satu ini nih.

Terlihat sederhana, namun nyatanya sangat berguna loh!

Patungan maupun barter barang adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan barang yang kamu inginkan dengan harganya yang lebih murah tuh. Selain menumbuhkan rasa kebersamaan, kamu juga makin hemat tuh!

Oleh sebab itu, yuk ajak teman kamu buat patungan, dan ajak teman mu untuk barter barang juga nih.

14. Pakai Wi-Fi Fasilitas Umum saja! Biar Makin Hemat


Sekarang itu, emang semua harga mahal ya. sampai-sampai, permen yang dulu kalau di beli dengan uang Rp500,00- saja bisa dapet 5 bungkus, sekarang Rp.500,00- cuman dapet 2 bungkus doang tuh. Bukan hanya hal permen.

Internet juga mahal loh. Makanya kita harus hemat nih.

Jika kita lihat sepintas saja, harga untuk paket internet sebulan itu (dengan total kuota yang didapatkan 30GB) bisa sampai Rp80.000,00- hingga Rp120.000,00- an tuh. Terlebih, lagi paketan 30GB buat sebulan kadang-kadang cuman awet 2-3 mingguan doang. Pernah ngalamin kaya gitu engga sih?

Perkembangan teknologi seperti saat ini, yang setiap kegiatannya berhubungan dengan internet, membuat internet kini menjadi sebuah kebutuhan tuh. Nah oleh sebab itu, dibalik harga paketan yang lumayan seperti yang sudah kita bahas tadi. Alangkah baiknya untuk kita bijak dalam menggunakan internet nih.

Selain itu, kamu bisa juga nih menggunakan Wi-Fi kantor ataupun Wi-Fi dari fasilitas umum tuh. Itung-itung bisa hemat uang di dompet kamu tuh.

15. Kalau Hangout, Check Dompet Dulu ya! Biar engga tekor


Enggak nongkrong, enggak gaul!

Tagline ini yang pernah saya dengar dari kehidupan anak milenial sekarang nih. Padahal, pada kenyatannya, nongkrong memang tidaklah salah, namun saat gaya hidup nongkrong tak sesuai dengan gaya hidupmu, baru ini menjadi sebuah masalah.

Mungkin kalau nongkrong sebatas di rumah dan warkop mungkin itu masih okelah. Tapi kalau nongkrong di bar, cafe dan restaurant! Mending stop dulu deh, kamu harus check keuangan kamu dulu nih. Karena memang (bagi sebagian orang) ini adalah tempat-tempat yang tergolong mahal loh.

Oleh sebab itu, cara menghemat pengeluaran sehari hari yang bisa kamu lakukan sekarang ini adalah dengan memilih kembali tempat hangouts yang sesuai dengan budget kamu nih. Nongkrong dirumah aja juga enggak kalah seru loh.

16. Hiburan Gratis juga engga Masalah!


Gunakan Hiburan Gratis

Pengen hemat saat berlibur? Tapi enggak tau cara menghemat uang gaji kecil yang tepat? Tenang aja. itu gampang kok! Kamu bisa menyiasati hal ini dengan mengikuti tips yang satu ini nih, yaitu dengan mencari hiburan no budget nih! (alias gratis)

Banyak loh diluar sana, acara-acara atau hiburan untuk masyarakat yang tidak dipungut biaya. Oleh sebab itu, sering-seringlah check sosial media kamu, untuk mencari informasi seputar event-event yang ada disekitar kamu tuh.

Misalnya, kamu bisa menikmati live musik gratis di mall-mall tuh. atau enggak kamu bisa menonton film gratis yang diadakan oleh komunitas tertentu tuh! Seru kan. Paling-paling kamu cuman mengeluarkan dana untuk uang transport doang tuh. 

17. Kalau Jajan yang Penting-penting dulu aja! (Prioritaskan yang Penting)


Salah satu cara mengatur uang belanja harian yang bisa kamu lakukan saat diluar rumah adalah dengan jajan yang penting-penting dulu aja nih. Karena sering banget tuh, terbiasa untuk membeli sesuatu yang sifatnya malah kurang penting nih.

Dalam kasus ini, misalnya kamu punya uang cuman Rp.20.000,00- an doang, terus paket internet kamu habis, namun perut kamu juga laper. Nah dalam kondisi ini kamu harus mengutamakan perut kamu dulu nih, lalu buat beli paket internetnya bisa kamu tunda sampai mendapatkan uang lagi, guys!
 Nah ini, yang namanya jajan yang penting-penting dulu aja.

Walaupun tips ini terlihat sepele, namun banyak loh diantara kita yang kurang menyadari tips ini, malah karena saking sepelenya, sampai disepelein tuh.

18. Usahakanlah Untuk Menghindari Utang


Banyak masyarakat, yang ingin hidup kaya namun terbelit dengan utang loh. Padahal, kalau kita menggunakan kaca mata ekonomi memang utang tidaklah salah untuk dicoba, namun jika kamu mampu untuk mengembalikannya lagi ya guys.

Karena saat ini banyaklah loh peminjaman uang yang kerapkali menggunakan “bunga” dalam transaksi nya. Sehingga membuat mereka si peminjam uang jadi makin berat tuh untuk mengembalikan uang yang dipinjamnya. Oleh sebab itu, utang memang tidak salah, namun alangkah baiknya untuk tidak mengutang ya.

Sehingga, perlu kamu untuk lebih menyadari cara berhemat dan menabung ini nih. Usahakanlah untuk tidak mengutang dengan orang lain, terlebih lagi mengutang dengan mereka yang menggunakan sistem “bunga”.  Yuk, biasakanlah untuk membeli sesuatu dengan tunai dan jika ingin mengutang, bijaklah dalam porsinya.


Semoga cara irit uang pribadi ini dapat membantu kamu ya dalam mengubah kebiasaan boros! Dan semoga cara mengatur keuangan bulanan ini terus bisa dipraktekan oleh pembacanya hingga bisa dibagikan kepada teman-temannya. Kamu adalah pengatur keuangan pribadi mu sendiri, jadi kalau mau mengatur pengeluaran uang pribadi, maka kamu sendirilah yang menjadi aktornya.

Dan tak lupa, buat kamu yang punya saran untuk manage keuangan yang baik, kamu bisa share dikolom komentar dibawah ini ya. Ataupun buat kamu yang masih bingung dengan tips keuangan ini, bisa tanyakan dikolom komentar.
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap untuk mempelajari kebijakan layanan kami sebelum berkomentar pada postingan ini

Next article Next Post
Previous article Previous Post