02 July 2018

author photo
Cara Menghilangkan Sifat Pelupa

Lupa memang wajar. Namun kalau sering lupa? Nah ini yang jadi masalah..

Kita tentu melakukan banyak aktifitas setiap harinya. Namun tahu kah kamu, bahwa semua aktifitas yang kamu lakukan itu, juga didukung atau dibantu dengan adanya peran dari daya ingat nih. Contohnya saja ya, saat kamu lagi belajar. Pasti daya ingatlah yang paling bekerja keras ketika kamu lagi belajar.

Bukan itu saja. Masih banyak banget kegiatan-kegiatan lain yang mendorong kamu untuk lebih memaksimalkan daya ingat nih. Jadi ya, kebiasaan lupa itu harus segera diatasi deh. Karena dengan lupa, kamu akan sulit untuk bekerja, terasa terhambat dalam beraktifitas, sulit untuk menghafal dan lain-lain.

Terlebih, manusia hampir setiap menitnya akan mendapatkan puluhan, hingga ratusan informasi baru loh. Namun gimana jadinya, saat informasi baru itu enggak ke save dalam memory kita?

Oleh karenanya, topik menarik ini akan coba dikupas tuntas pada postingan kali ini. Jadi simak postingan ini hingga selesai, agar kamu mendapatkan cara mudah mengatasi lupa atau susah ingat!

Check it out.




Faktor Penyebab Sering Lupa!


Kebanyakan orang beranggapan bahwa sifat pelupa itu, identik dengan orang yang sudah berusia lanjut. Tetapi, pada faktanya! Mereka yang berusia muda juga mengalami hal yang sama juga kok. Lantas, kenapa orang bisa gampang lupa?

Setidaknya ada banyak penyebab seseorang bisa mengalami lupa nih, tapi berikut diantaranya.

Back to Content



1. Kurangnya Pola & Kualitas Tidur


Salah satu penyebab lupa di usia muda adalah kurang tidur. Kebiasaan buruk inilah yang sering terjadi. Mereka melakukan aktifitas / pekerjaan hingga larut malam tanpa memperhatikan pola tidurnya. Padahal, yang kaya gini tuh, enggak bagus buat kinerja daya ingat loh.

Bahkan, bukan kurang tidur saja. Kurangnya kualitas tidur pun juga jadi salah satu faktor penyebab manusia mudah lupa nih temen-temen.  Kualitas tidur itu terlihat dari nyenyaknya seseorang saat tidur. Jadi ya, saat kamu tidur tapi enggak nyenyak, berarti kualitas tidurnya masih kurang nih.

Jadi. Cobalah untuk mengatur pola tidur dan memperbaiki kualitas tidur!

2. Merokok


Faktor penyebab mudah lupa selanjutnya adalah merokok. Merokok menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang jadi susah ingat. Hal ini dikarenakan partikel dan racun pada rokok dapat menyebabkan penurunan kemampuan otak dalam mengingat. Jadi tak heran, banyak anak muda yang susah untuk mengingat.

Hal ini juga berlaku juga ya bagi perokok aktif maupun pasif.

3. Galau. ( Cemas & Stres )


Tentu ya, setiap orang pernah ngalamin yang namanya galau nih. Entah galau karena perekonomian yang kian memburuk, atau peluang pekerjaan yang semakin sempit maupun berkaitan seputar asmara.

Namun dibalik ini semua. Galau dapat mengganggu kinerja daya ingat kamu loh. Hal ini dikarenakan, galau dapat mengalihkan perhatian kamu, dan membuat kamu sulit untuk mengingat. Dengan kata lain, kamu akan mudah mengingat-ingat kegalauan kamu, sehingga sulit bagi kamu mengingat sesuatu informasi yang sedang kamu ingat.

Nah kira-kira itulah beberapa penyebab seseorang sulit untuk mengingat.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Lupa!


Setelah mengetahui alasan mengapa seseorang gampang lupa. Maka kamu perlu simak beberapa cara mengatasi sifat pelupa yang patut kamu praktekan nih. Jadi, simak point ini dengan baik ya.. Biar kamu enggak gampang lupa lagi deh.

Berikut adalah solusi untuk mengatasi mudah lupa. Diantaranya adalah.

Back to Content



1. Perbanyaklah Mengkonsumsi Air Putih


Cara agar tidak lupaan yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih.

Pada tips meningkatkan daya ingat pertama ini memang terlihat mudah, namun bagi beberapa orang. Kesadaran untuk memperbanyak minum air putih sangatlah minim. Padahal jika kita pelajari, dengan mengkonsumsi air putih, dapat memberikan stimulasi kepada otak untuk meningkatkan kinerja otak loh.

Oleh karenanya, yuk perbanyak minum air putih!

2. Berikanlah Asupan Bagi Tubuh Untuk Meningkatkan Daya Ingat


Cara tepat mengatasi mudah lupa selanjutnya adalah dengan memberikan asupan kepada tubuh dengan makan-makanan yang dapat meningkatkan daya ingat ya. Karena dengan demikian, kamu memberikan stamina bagi otak untuk mempertajam daya ingatnya.

Ada banyak makanan yang dapat kamu santap untuk meningkatkan daya ingat kamu nih, ya kira-kira seperti berikut ini.

  • Gandum murni / Wholegrains,
  • Minyak ikan,
  • Ikan salmon,
  • Selai kacang,
  • Kacang-kacangan,
  • Stroberry,
  • Blubberry,
  • Blackberry,
  • Raspberry
  • Brokoli,
  • Tomat,
  • Telur,
  • Biji labu,
  • Blackcurrant,
  • ( Plus ) Makan sayur-sayuran.

3. Perbanyak Relaksasi


Mengingat salah satu faktor penyebab seseorang bisa lupa ialah Galau ( Cemas & Stres ) yang berlebih.

Maka cara menghilangkan sifat lupa yang ketiga adalah dengan memperbanyak waktu bagi kamu berrelaksasi nih. Karena dengan berrelaksasi, kamu mencoba untuk menghilangkan rasa galau yang kamu rasakan. Sehingga ya, kamu bakalan gampang untuk mengingat deh.

Jadi, hindari galau yang berlebih dan berikanlah waktu bagi tubuh untuk berrelaksasi.

4. Perbaiki Pola & Kualitas Tidur


Buat yang doyan begadang maupun bagi kamu yang merasa tidurnya belom nyenyak. Mari deh untuk memperbaiki pola tidur dan kualitas tidur kamu. Karena cara agar mudah mengingat yang ke-empat adalah dengan memperbaiki pola dan kualitas tidur kamu nih.

Jadi, yuk berubah demi kebaikian diri sendiri.

5. Perbanyaklah Olahraga


Tips menghilangkan kebiasaan lupa selanjutnya adalah dengan memperbanyak olahraga. Nih ya, olahraga itu dapat memberikan dampak bagus bagi kinerja daya ingat loh. Kamu cukup berolahraga selama 30 menit setiap hari aja pun sudah terbilang cukup.

Karena memang, secara ilmiah sudah ditekankan nih. Dengan berjalan kaki saja selama 2,5 jam setiap minggu dapat meningkatkan daya ingat pada mereka yang berusia lanjut tuh.

Jadi. Buruan deh untuk memberikan waktu kosong untuk tubuh agar berolahraga.

6. Lakukan Cara Agar Kamu Mudah Mengingat


Kamu sering lupa? Coba deh, kamu lakukan cara-cara yang sekiranya dapat memberikan kamu kemudahan untuk mengingat. Contohnya nih ya, seperti menulis apa yang sedang kamu ingat di selembar kertas. Atau mungkin dengan cara-cara lain yang sekiranya cocok dengan kepribadian kamu.

Dengan demikian, kamu bisa tuh untuk mengingatnya kembali apa yang kamu ingin ingat disaat kamu lupa.

Masih bingung mau pake cara apa? Nih Saran Pelajar rangkum beberapa cara lengkap yang dapat dilakukan kamu agar tidak mudah lupa.

  • Mencatat setiap hal penting di selembar kertas dan letakan kertas tersebut, ditempat yang mudah kamu lihat / jangkau,
  • Tulislah di alat-alat yang sering kamu lihat ( Semisal: Gadget, laptop, dinding maupun lainnya. )
  • Baca berkali-kali, biar nempel diingatan,
  • Jangan menunda-nunda, nanti takut lupa,
  • Gunakan alarm agar lebih ingat,
  • Aturlah jadwal, biar enggak lupa.

7. Mintalah Diingatkan Oleh Orang Lain


Panduan agar cepat ingat yang terakhir adalah, dengan meminta orang lain untuk mengingatkan kamu disaat kamu sedang lupa. Cara inilah yang sekiranya dapat membantu kamu.

Tapi nih ya, tolong dicatat!

Mintalah bantuan kepada orang yang ingatannya kuat juga ya! Nanti kalau minta bantuan sama yang pelupa juga, ya, gitu..

Kesimpulan


Memang, lupa wajar. Namun disaat lupa sudah sering terjadi. Perlu bagi kamu untuk menimalisirkannya dengan menggunakan cara-cara yang tepat. Semoga dengan membaca konten ini, kamu bisa berubah menjadi orang yang memiliki daya ingat yang baik ya.

Terima kasih buat kamu yang sudah membaca konten ini. Setelah ini, bagi kamu yang masih memiliki pertanyaan, kamu bisa tanyakan langsung dikolom komentar dibawah ini ya.
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap untuk mempelajari kebijakan layanan kami sebelum berkomentar pada postingan ini

Next article Next Post
Previous article Previous Post