25 July 2017

author photo

Terlepas dari siapa kamu dan pekerjaan kamu, kemampuan bersosialisasi sangatlah penting. Sekali pun pekerjaan mu tidak mutlak harus berbicara atau bertemu dengan orang banyak, kemampuan bersosialisasi sangatlah penting untuk kamu asah.

Sebagai makhluk sosial sudah hakikatnya akan berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain, maka dari itu. Sebaiknya saat ini untuk kamu meningkatkan kemampuan bersosialisasi dengan orang lain.

Tapi ingat. Bukan sekedar komunikasi biasa melainkan sosialisasi atau komunikasi dengan cara yang baik dan benar. Karena melalui kemampuan komunikasi yang baik dan benar dapat membawa kamu kepada kesuksesan kelak.


Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Bergaul Dan Bersosialisasi

Untuk mewujudkan hal itu, saya akan berikan 10 Cara mudah. Yang mana seperti dilangsir dari laman lifestyle.okezone, bahwa Henny E Wirawan Mhum, Psi, psikolog dari universitas Tarumanegara telah mengemukakan cara-cara untuk bersosialisasi dilingkungan sekolah maupun kerja, berikut diantaranya:


1. Latihlah Kemampuan Berkomunikasi

Untuk melatih kemampuan tersebut, kamu dapat melakukannya dari hal-hal kecil kepada lawan bicara mu. Hal-hal kecil yang dapat kamu lakukan untuk melatih kemampuan kamu dalam berkomunikasi adalah seperti kamu mengawali pembicaraan.

Sulit memang untuk pertama kalinya, tapi selanjutnya akan terasa ringan kok.


2. Bicarakan Hal Penting Saja, Jangan Ngawur!

Pada saat berbicara dengan teman, guru maupun teman kerja. Upayakan untuk kamu membangun komunikasi dengan lawan bicara mu dengan topik pembahasan yang mudah untuk dimengerti, atau pun bahkan dia sendiri atau lawan bicara mu sudah menguasai materi pembicaraan.

Jangan sampai kamu membahas mobile legend ke pada seorang koki, dan jangan kamu membahas skill sepak bola kepada sejarahwan, ga nyambung deh hehe.


3. Pelajari Dan Perluas Materi

Agar perbicaraan menjadi alot atau nyambung satu sama lain. Upayakan untuk kamu meningkatkan pengetahuan tentang materi yang sedang diperbincangkan.

Caranya yaitu dengan rajin membaca, karena dengan belajar ( membaca ) dapat meningkatkan pengetahuan tentang materi yang sedang dibahas, agar kamu terlihat memiliki wawasan yang luas.


4. Ketahui Waktu Yang Pas Saat Berbicara

Kamu harus tahu kapan saatnya kamu harus berbicara maupun diam, alasan diam disini adalah saat kamu tidak mengetahui hal yang dibahas maka kamu ( diam ) dan selanjutnya mempelajari terlebih dahulu materi pembahasaan tersebut .

Jadi saat itu, kamu bisa menjadi pendengar yang baik untuk lawan bicara mu, walaupun kamu tidak 100% mengetahui hal yang sedang dibicarakan.

Sehingga kamu dinilai oleh orang lain dapat menghargai lawan bicaranya.


5. Hati-Hati Berbicara

Untuk kamu yang seneng nyerocos ( senang berbicara ), mulai saat ini untuk kamu harus perhatikan ucapan-ucapan mu, karena bisa saja itu merupakan perkataan yang dapat menyakitkan hati orang lain.

Jika itu sudah terucapkan, dan menyakiti hati orang lain, sangat sulit untuk mengembalikannya lagi seperti semula.

Salah satu profesi yang mutlak banyak nyerocosnya adalah pembawa acara, bagaimana tidak. Ia harus tampil aktif diatas panggung untuk menyambut para pengunjung, tetapi hati-hati juga nih!

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjadi pembawa acara, apakah itu? ingat ini sangatlah penting, karena bisa saja sewaktu-waktu kamu dituntut menjadi pembawa acara bukan?

Nih klik aja linknya buat pelajari tentang Hal-hal penting untuk pembawa acara sebelum dan sesudah acara.


6. Perhatikan Saat-Saat Berkomentar

Simak jika orang lain sedang mengajak kamu berbicara.

Jika kamu ingin berkomentar, coba upayakan untuk tidak mengeluarkan pernyataan yang akan membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Pastikan bahwa komentar kamu memang berisi dan bermanfaat bagi orang tersebut.


Hal-Hal Penting Dalam Bersosialisasi

Ada beberapa hal yang sangat penting untuk kamu ketahui dalam bersosialisasi, agar dapat menunjang dalam meningkatkan kecerdasaan saat berbicara atau bersosialisasi dengan orang lain.

Dibawah ini, adalah hal-hal penting yang harus kamu ketahui dalam berkomunikasi, berikut penjelasannya:


7. Respect

Les Giblin, Penulis dalam bidang hubungan orang lain. mengatakan “Anda tidak bisa membuat orang lain merasa penting didekat Anda, jika diam-diam Anda merasa ia bukan siapa-siapa”.

Maka dari itu, hal yang pertama mengenai aspek hal-hal penting dalam bersosialisasi adalah bahwa kamu harus menunjukan kepada lawan bicara mu tentang respect.


8. Pengalaman Bersama

Agar memiliki komunikasi yang baik dengan orang lain adalah dengan memperbaiki pengalaman dengan orang lain ( Bersama ).

Seperti pada point ke dua “ Bicarakan Hal Penting Saja, Jangan Ngawur! “ bahwa jika kamu memiliki pengalaman yang sama dengan orang lain, itu dapat menimbulkan komunikasi yang alot atau nyambung.


9. Rasa Percaya

Rasa percaya dibutuhkan dalam sebuah hubungan yang baik. Penulis puisi dari Skotlandia George MacDonald mengatakan bahwa:

“Dipercayai adalah pujian yang lebih berarti daripada dicintai”.

Maka tanpa rasa percaya, Anda tidak bisa mempertahankan hubungan apapun.


10. Timbal Balik –nya Jangan Lupa!

Untuk mengembangkan diri dalam berkomunikasi dengan orang lain, kamu harus saling memberi dan menerima sehingga dengan demikian semua orang pun memperoleh keuntungan.

Ingatlah sebelum kamu mengajukan pertanyaan mengenai keinginan, dan tujuan dari lawan bicara mu seperti kolega, tim maupun teman-teman kamu.

Maka berikan perhatian penuh kamu pada orang itu dan tunjukan pada mereka bahwa kamu memerhatikan mereka.


Begitulah 10 cara untuk menjadi diri yang lebih baik lagi dalam berkomunikasi dengan orang lain, semoga bermanfaat. Jangan lupa ceritakan juga pengalaman mu! Dan mungkin bisa berikan tips lainnya dalam berkomunikasi yang baik dan benar.
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap untuk mempelajari kebijakan layanan kami sebelum berkomentar pada postingan ini

Next article Next Post
Previous article Previous Post