30 July 2017

author photo

Hidup di perkotaan membuat manusia lupa akan menjaga, melestarikan dan melindungi alam ini, karena menurut saya. Perkotaanlah yang banyak mengundang kerusakan alam seperti, asap pabrik maupun hal lainnya.

Tetapi dibalik itu semua, hutan hadir sebagi penetralisir segala polusi maupun kerusakan lain yang disebabkan oleh aktifitas manusia, jadi oleh karena itu penting bagi kita menjaga hutan.

Populasi Hutan Yang Kian Hari Kian Berkurang.


Pada saat ini, hutan sudah mulai berkurang populasinya, 8% hutan didunia sudah mengalami degradasi sejak tahun 2000, belum diketahui lagi berapa persen sudah degradasi yang terjadi hingga tahun ini.

Degradasi adalah proses kondisi lingkungan alam berubah akibat aktivitas manusia. Perubahan kondisi lingkungan tersebut cenderung merusak dan tidak diinginkan.

Manfaat-Manfaat Hutan Bagi Kelangsungan Makhluk Hidup.


Karena kalau kita bisa menjaga hutan, alam akan tetap pada kondisi normal. Alasannya karena hutan memiliki beberapa manfaat yang dapat menjaga kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini.

Tetapi apakah manfaat dari keberadaan hutan? Berikut dibawah ini adalah fungsi dari populasi hutan di dunia.

1. Menyerap Karbon Dioksida.


Manfaat hutan bagi kehidupan manusia salah satunya adalah dapat menyerap gas-gas karbon dioksida. Bahwa gas karbon dioksida sangat membahayakan manusia terlebih jika kalau jumlahnya jauh diatas batas normal ( meningkat )

Hal Yang Memicu Adanya Karbon Dioksida:

Ada beberapa pemicu dari penyebab keberadaan karbon dioksida di udara atau di bumi, salah satu nya dikarenakan jumlah penggunaan kendaraan yang berlebih, karena bensin yang digunakan mengeluarkan gas buangan yang mengandung CO2.

2. Menghasilkan Oksigen.


Manfaat kedua adalah, sebagai salah satu sumber penghasil oksigen terbesar di dunia yang berguna untuk bernafasnya beberapa makhluk hidup di bumi.

Bayangkan saja jika kamu tidak bernafas, baru nyaho nanti.

3. Rumah Bagi Flora Dan Fauna.


Selain manusia. Hewan dan tumbuhan juga membutuhkan tempat atau habitatnya sendiri, dan salah satu tempat yang sering dikaitkan dengan dunia flora dan fauna adalah hutan

Bayangkan kembali jika hewan-hewan di bumi ini tidak memiliki hutan untuk tempat tinggal, hewan tersebut akan berlari ke perkotaan ( tempat dimana populasi manusia terbanyak berada ) dan hewan-hewan tersebut ternyata adalah hewan buas.

Baru nyaho lagi nanti kamu.

4. Mencegah Bencana Alam.


Hutan juga dapat menimalisir terjadinya beberapa bencana alam, sebagai contoh adalah hutan dapat mencegah dari bencana alam seperti banjir ataupun tanah longsor.

Akar pohon di hutan dapat menyerap air agar jumlah air yang mengalir berkurang, dan akarnya dapat menguatkan tanah agar tidak terjadi tanah longsor di sekitaran bukit atau pun pegunungan.

5. Mengurangi Polusi.


Sama seperti point pertama, selain karbon dioksida yang dapat diserap oleh hutan ( pohon ). Tetapi hutan juga bisa mengurangi adanya polusi di udara atau pun jenis polusi lainnya.

Dan jika polusi itu diminimalisirkan maka kesehatan makhluk hidup pun dapat terancam.

6. Untuk Mengatur Iklim.


Dengan keberadaan hutan, dapat mengatur iklim yang terjadi agar tetap dalam kondisi normal, seandainya indonesia sedang dilanda musim kemarau, maka hutan bertugas untuk menormalkan kembali kondisi tersebut agar tidak diatas ambang batas ( Menyejukan )

7. Menyimpan Air.


Persis dengan point keempat, bahwa hutan dapat menyimpan air dan pada akhirnya dapat melindungi alam dari bencana alam.

Hutan dapat menyerap air dalam volume besar, jika saja hutan tiada, maka air tida bisa  diserap lagi dan bencana alam seperti banjir beresiko terjadi.

Cara Menjaga Dan Melestarikan Hutan.



Ada beberapa cara atau pun tips dalam menjaga dan memelihara keberadaan hutan, seperti berikut dibawah ini, saya paparkan beberapa cara mudah dalam menjaga kelestarian hutan di bumi.

Berikut diantaranya.

1. Reboisasi.


Salah satu yang dapat kamu lakukan di sekitaran lingkungan mu adalah dengan mereboisasi. Yaitu reboisasi adalah salah satu cara dalam melestarikan alam dengan menganti tumbuhan rusak dengan tumbuhan yang baru.

Dengan adanya reboisasi tersebut, hutan akan semakin tetap hidup. Dan hutan akan kembali menghijau dan akan menjadi lestari dan bersih.

2. Sistem Tebang Pilih.


Dengan adanya sistem tebang pilih, dapat mengurangi dampak penebangan hutan secara liar dan dalam jumlah besar-besaran. Selain itu system ini juga berguna untuk masyarakat agar tidak sembarang dalam melakukan penebangan hutan.

3. Mengurangi Penggunaan Kertas yang Berlebihan.


Kertas dibuat dari pepohonan, jika saja kamu menggunakan banyak kertas, berarti kamu juga sudah banyak menebang pohon.

Dengan menekan produksi penggunaan kertas yang berasal dari pepohonan hutan, hutan akan menjadi tetap terjaga kelestariaannya.

Begitulah upaya pelestarian hutan yang mudah kamu lakukan, serta sudah dibahas tentang manfaat dan tujuan pelestarian hutan diatas. Semoga dapat bermanfaat.

your advertise here

This post have 0 komentar

Harap untuk mempelajari kebijakan layanan kami sebelum berkomentar pada postingan ini

Next article Next Post
Previous article Previous Post